1. Transaksi

1.1. Selama masa belum launching ini, transaksi akad jual-beli dengan kami adalah akad salam/salaf (pre-order). Yakni, Anda membayar harga suatu produk atau beberapa produk yang Anda pesan terlebih dahulu. Sementara produknya baru akan dikirim belakangan. Menurut planning, insyaAllah baru akan dikirim di sekitar akhir Desember 2020. Seandainya memungkinkan bisa lebih awal siapnya, mungkin di awal Desember atau di sekitar November, maka mungkin bisa kami kirim lebih awal pula.

1.2. Dimohon dengan sangat agar Anda pahami dulu deskripsi dan spesifikasi produk yang hendak Anda pesan. Sebelum memilih produk yang akan Anda pesan, silahkan membaca dan mempelajari terlebih dulu informasi dengan teliti, sampai paham. Kalau ada yang tidak dipahami, silahkan hubungi kami. Kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah dikarenakan tidak mengikuti aturan dan petunjuk produk yang sudah kami informasikan.

1.3. Untuk masa pre-order pra-launching ini, hanya tersedia metode pembayaran transfer saja. Belum tersedia pembayaran dengan COD. Kecuali mungkin jika Anda melakukan pre-order melalui Tokopedia, mungkin ada opsi COD.

1.4. Saat konfirmasi pembayaran, pastikan data yang Anda input benar. Seperti halnya besar biaya, tanggal pembayaran, dan sebagainya. Kesalahan input data dapat mengakibatkan pesanan Anda terlambat diproses, atau bahkan tak kunjung diproses.

1.5. Harap menyimpan bukti transaksi Anda, seperti history chat, bukti pembayaran, invoice, dan lain-lainnya. Karena itu dibutuhkan sebagai bukti pernah bertransaksi seandainya terjadi problem dan hal-hal yang tidak diinginkan.

1.6. Jika Anda membeli produk Riayah dalam rangka untuk memberikannya kepada orang lain sebagai hadiah, harap informasikan kepada kami. Karena apabila terjadi problem dan hal-hal yang tidak diinginkan, maka yang berhak berkomunikasi dengan kami dalam rangka penyelesaian problem tersebut adalah Anda sebagai pihak yang bertrasaksi dengan kami, bukan orang lain yang Anda berikan hadiah tersebut.

2. Packing

2.1. Kami menghargai setiap barang yang Anda pesan dan tidak akan dengan sengaja mengirimkan barang yang cacat/rusak.

2.2. Tim kami berusaha sebaik mungkin memberikan packing terbaik pada paket Anda.

2.3. Jika terjadi kerusakan akibat buruknya handling dari pihak JNE/Expedisi lainnya, cuaca, atau bencana alam, bukan merupakan tanggung jawab kami.

3. Pengiriman

3.1. Pengirimannya produk Riayah, dari kota Depok Jawa Barat.

3.2. Proses pengiriman menggunakan jasa pengiriman JNE, TIKI, J&T, SAP, dan Grab/GoJek. Silahkan Anda cek informasi ongkos kirim dari Jakarta atau Depok melalui www.JNE.co.id, atau di www.RajaOngkir.com untuk kurir lainnya selain JNE.

3.3. Untuk pengiriman via Grab/GoJek, tentunya hanya tersedia untuk daerah di sekitar JaBoDeTaBek.

3.4. Khusus pengiriman via Grab/GoJek, teknis pemanggilan driver-nya dilakukan oleh Anda. Dikarenakan pernah beberapa kali apabila dari pihak kami yang memanggil driver-nya, kami kesulitan mencari titik alamat Rumah customer-customer kami sebelumnya. Bahkan sampai 30-60 menit, masih tidak bisa ditemukan juga. Namun apabila dari pihak Customer yang memanggil, maka lebih mudah menemukan titik alamat Kantor kami.

3.5. Keterlambatan sampainya paket Anda adalah di luar tanggug jawab kami. Karena pada keadaan normalnya, tim kami langsung mengirimkan produk pesanan Anda, setelah Anda melakukan transfer di pagi menuju siang hari. Buktinya bisa Anda cek di nomor resi yang kami berikan ke Anda. Tanggungjawab kami adalah ketika Anda sudah melakukan pembayaran/akad, adalah mengemas produk pesanan Anda dengan benar, dengan layak, sesuai yang Anda pesan. Anda berhak mengajukan komplain kepada kami apabila produk yang Anda terima ternyata salah, atau rusak dari pabriknya (baru dipakai sebentar atau belum ada dipakai tapi sudah rusak tidak bisa menyala lagi), atau karena pengemasan yang cenderung asal-asal dan tidak rapih, atau paket Anda tak kunjung dikirim (tandanya tidak ada nomor resinya). Dan hal tersebut sudah pernah kami layani, kami dengan senang hati mengganti produk baru ataupun melakukan refund baik sebagian maupun 100% dana Anda apabila kesalahan ada di pihak kami. Namun mohon dimengerti apabila hal-hal yang kami sebutkan di atas sudah kami tunaikan, namun kendalanya adalah pihak kurir yang terlambat mengirimkan paket pesanan Anda, maka yang layak diajukan komplain adalah ke pihak kurir ekspedisi, bukan ke pihak Riayah. Meski begitu bukan berarti pihak Riayah lepas tangan, sebagai tanggungjawab mengirimkan paket Anda, pihak Riayah akan tetap berkomunikasi untuk terus mem-follow up pihak ekspedisi untuk segera memproses/mengantarkan paket Anda. Bahkan kami tetap menghubungi pihak kurir ekspedisi walaupun di hari libur (tanggal merah), dan bahkan di malam hari seperti jam 10 malam, jam 11 malam, jam 12 malam. Baik melalui chat maupun telpon yang mungkin cukup menguras pulsa. Dan itu bisa saja setiap hari kami lakukan. Namun tetap mohon pengertiannya, sampai di sini persoalan keterlambatan pengiriman merupakan tanggung jawab kurir ekspedisi. Dan pihak yang berhak diajukan komplain terkait keterlambatan pengiriman ini adalah pihak kurir ekspedisi, bukan pihak Riayah. Walau sekali lagi kami ulangi, kami akan tetap terus mem-push pihak ekspedisi. Tanggung jawab kami adalah mengirimkan dan memonitor perkembangan pengiriman. Jika ada kendala pada pengiriman, yang bisa kami lakukan adalah mengajukan permintaan agar kendala tersebut dapat diatasi, selanjutnya untuk tahap eksekusi adalah pihak ekspedisi kurir itu sendiri. Anda dipersilahkan saja jika ingin ikut menghubungi pihak kurir ekspedisi.

3.6 Untuk ketepatan dan kelancaran pengiriman, tulislah alamat pengiriman selengkap-lengkapnya; apabila terjadi misroute/kesalahan penulisan alamat pengiriman maka hal tersebut bukan tanggung jawab kami.

Pilihlah kecamatan sesuai dengan alamat tujuan; kecamatan yang tidak sesuai bisa berakibat tertundanya pengiriman karena ongkos kirim yang tidak cocok dengan tabel tarif JNE/kurir lainnya.

3.7. Bukti pengiriman/nomor resi akan kami berikan secepat mungkin (tergantung kecepatan pihak JNE/kurir lainnya mengeluarkan nomor resi) atau paling lambat dalam waktu 2×24 jam.

Jika lebih dari 2×24 jam nomor resi belum ada/di-input, atau setelah 2×24 jam masih INVALID, silahkan Anda hubungi kami, paparkan Nama-Tujuan yang dimaksud.

3.8. Apabila terjadi invalid, berarti pihak JNE/kurir lainnya belum melakukan update data di komputer JNE pusat/kurir lainnya, mohon cek ulang setelah beberapa jam.

3.9. Kami hanya bertanggung jawab sampai pengiriman ke JNE/kurir lainnya. Bila terjadi kesalahan, keterlambatan, kerusakan, maupun kehilangan pengiriman di luar tanggung jawab kami; namun kami akan terus berusaha membantu Anda untuk menghubungi pihak JNE/kurir lainnya.

4. Produk

4.1. Semua produk minyak telon Riayah yang kami jual merupakan asli 100%. Pastikan Anda melakukan pembelian pada channel resmi penjualan minyak telon Riayah Pusat ataupun mitra resminya.

4.2. Semua produk-produk yang kami jual halal. Kami hanya menjual produk-produk yang halal saja, tidak ada yang haram, karena memang kami semua muslim.

4.3. Semua produk-produk yang kami jual sudah terdaftar di BPOM. Bisa dicek di website resmi pengecekan BPOM.

4.4. Tim kami tidak pernah dan tidak akan dengan sengaja mengirimkan barang yang cacat/rusak.

4.5. Akan ada kemungkinan tanggal expired produk yang Anda terima berbeda dengan tanggal expired produk yang dicantumkan pada deskripsi di etalase online kami (Website, Facebook, Instagram, MarketPlace, dll), atau yang kami informasikan melalui chat/komen. Karena bisa jadi produk yang expired-nya saat tanggal A telah habis, sehingga tim kami mengirim produk yang expired-nya saat tanggal B. Bisa jadi tanggal expired yang B itu lebih cepat atau lebih lama.

5. Garansi & Return

5.1. Tim kami tidak pernah berniat atau dengan sengaja menjual barang cacat, rusak, apalagi palsu. Pun semua item telah kami periksa sebelum dikirimkan.

5.2. Item yang sudah diterima tidak dapat ditukar/dikembalikan. Kecuali pada 2 kondisi yang akan dijelaskan pada 2 poin selanjutnya.

5.3. Apabila kami ada salah kirim produk, misalnya Anda pesan produk A, tapi kami malah kirim produk B, maka kita (kami dan Anda) punya pilihan:

  • Anda kembalikan produk yang salahnya tersebut ke alamat kami, kemudian akan kami kirim produk yang betulnya ke Anda. Dengan ongkos kirimnya kami tanggung.
  • Atau Anda beli saja produk yang salah tersebut. Silahkan transfer, setelah kami informasikan total harganya. Setelah Anda transfer, maka akan kami kirim produk yang betulnya ke Anda.
  • Anda menerima produk yang salah tersebut.

5.4. Apabila kami ada salah kirim jumlah produk, misalnya Anda pesan suatu produk sebanyak 2 pcs, tapi kami malah kirim produk tersebut hanya 1 pcs, maka kita (kami dan Anda) punya pilihan:

  • Segera akan kami kirim sisa jumlah produk yang kurangnya tersebut, dengan ongkos kirim ditanggung kami.
  • Atau uang Anda kami kembalikan, seharga jumlah sisa produk yang kurangnya tersebut.
  • Atau uang Anda seharga jumlah sisa produk yang kurangnya tersebut kami simpan dulu, nanti bisa Anda gunakan di lain waktu untuk membayar, ketika Anda melakukan pemesanan lagi di kami. Maka silahkan Anda catat kejadian tersebut, misalnya bisa dengan meng-screenshot history chat.

6. Layanan

6.1. Jam operasional:

  • Senin – Jum’at: 08:30 – 17:00 WIB
  • Sabtu: 08:30 – 14:00 WIB
  • Saat Minggu, tanggal merah, dan waktu tertentu sesuai pengumuman (contoh, sekitar Ramadhan-Idul Fitri): kami tutup. Untuk informasi pengumuman, biasanya akan kami paparkan melalui channel social media dan halaman news di website ini.

Terdapat kemungkinan slow respond dan no respond pada jam ISOMA (istirahat, sholat, makan) pada Perusahaan kami adalah:

Senin – Kamis: 11:00 – 12:30 WIB, dan 15:00 – 15:30 WIB.
Jum’at: 10:00 – 13:00 WIB, dan 15:00 – 15:30 WIB.
Sabtu: 11:00 – 12:30 WIB.

Maka dari itu, mohon untuk bersabar karena kami tidak dapat membalas chat Anda di luar jam kerja, dan agak slow respond di saat jam ISOMA.

Insya Allah kami akan segera membalas chat Anda, pada saat jam-jam kerja.

6.2. Untuk saat ini Riayah masih tidak ada membuka dan tidak memiliki agen, dropshipper, reseller, atau mitra penjual apapun yang semacamnya.

Maka dimohon agar Anda tidak memasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh Riayah, ntah dengan harapan nantinya mau dikirim atas nama Anda maupun atas nama kami.

Dan berhati-hati pulalah terhadap pihak yang mengaku sebagai Dropshipper/Reseller/makelar/dan sebagainya dari Riayah, karena bisa dipastikan hal tersebut merupakan kebohongan, bahkan bisa jadi pemalsuan.

Kami tidak bertanggungjawab apabila ada sengketa antara Anda dengan orang lain karena memang Anda tiba-tiba sudah memasarkan produk-produk yang ditawarkan Riayah sembari mengaku sebagai agen/reseller/dropshipper/dsb-nya Riayah.

Begitu pula kami tidak bertanggungjawab apabila ada sengketa antara Anda dengan oknum yang mengaku sebagai Dropshipper/Reseller/makelar/dsb dari Riayah padahal bukan. Karena memang tidak ada akad apapun antara kami dengan pihak yang mengaku-ngaku tersebut.

6.3. Kami tidak bisa menerima telpon untuk saat ini, karena tidak sempat. Karena banyak yang nge-chat dengan kami. Kami harus cepat menanggapi mereka satu per satu. Dengan kata lain, bila Anda hendak berkomunikasi dengan kami, silahkan melalui chat saja.

6.4. Harap lakukan pemesanan sesuai prosedur pada halaman “Cara Pemesanan”. Jangan tidak sesuai, seperti misalnya:
– Memberikan formulir pemesanan tidak dengan diketik (contoh: mengirim foto/gambar)
– Langsung transfer, padahal belum mengisi formulir pemesanan (ntah berapa yang ditransfer, dan ke mana..??)
– Tiba-tiba sudah di ATM siap untuk transfer tapi belum mengisi formulir
– Dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya.

Tidak sesuainya Anda mengikuti prosedur pemesanan, akan mengakibatkan keterlambatan pemprosesan pesanan Anda, dan bahkan mengakibatkan gangguan di internal kami sehingga akhirnya pesanan orang lain juga ikut terlambat. Bahkan implikasinya bukan hanya keterlambatan pemprosesan, bisa jadi sampai tidak bisa diproses.

6.5. Persyaratan dan ketentuan yang berlaku ini diberlakukan semata-mata agar terjadinya kerapihan. Sama sekali bukan untuk mempersulit pihak manapun. Karena kami sudah berpengalaman membangun sistem, insya Allah kami berikhtiar untuk memilih mana yang terbaik.

6.6. Hukum asal perbuatan manusia harus terikat dengan hukum syara’. Maka dalil-dalil syara’, yakni Al-Qur’an; hadits; ijma’ sahabat; dan qiyas syar’i, tentu juga berlaku pada transaksi kami dengan Anda. Tidak boleh ada perihal haram atas interaksi kita.

6.7. Kami menyadari, kami tidak luput dari kesalahan. Mohon agar Anda untuk tidak melakukan komplain di kotak komentar website, social media, dan tempat publik lainnya, yang bisa memicu emosi. Jika ada komplain/keluhan, Anda bisa menyampaikannya via jalur pribadi seperti chat LINE/BBM/WhatsApp.

6.8. Anda dapat berkomunikasi dengan Admin Riayah melalui
WhatsApp CS 1: 0813 8785 2287
WhatsApp CS 2: 0896 5210 2259

6.9. Nomor HP resmi Riayah hanya itu saja. Kami tidak bertanggungjawab apabila ada oknum yang mengatasnamakan Syiir yang menghubungi Anda, namun bukan dari 2 nomor HP tersebut, apalagi bila melakukan penipuan.

6.10. Slow respond saat jam-jam sholat fardhu, makan siang, tiba-tiba saja lagi ramai yang tanya-tanya mau pesan.

Syarat dan ketentuan di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu, tanpa harus memberitahukan awal perubahannya kepada Anda. Namun tentu sebisa mungkin kami menginformasikannya apabila ada perubahan kebijakan. Itu sebabnya, sebaiknya jeda antara saat Anda membaca hal ini dengan saat transaksi Anda, jangan lama-lama.

Terima kasih.